DP BBM Hadist Terbaru

Dp BBM Hadist Terbaru-
Pengguna BBM (Blackberry messanger) saat ini bukan hanya dari kalangan remaja saja bahkan dari klangan pebisnis dan pengusaha menggunakan aplikasi ini untuk menunjang bisnis mereka.Tentu kita semua sudah tau kalau BBM saat ini tidak hanya bisa dinikmati pengguna Blackberry saja,pengguna smartphone yang menggunakan os android,windows dll sekarang sudah bisa menikmati aplikasi ini.Membicarakan Blackberry messenger tentu tidak lepas dari DP (Display Picture).Fitur inilah yang sering sekali diganti ganti oleh pengguna BBM selain status.Memasang DP yang unik keren bagus dan lucu bahkan kata kata yang bisa memotifasi orang lain merupakan kebanggaan tersendiri bagi pengguna BBM.Nah untuk sobat semua,kali ini admin berikan DP BBM hadits terbaru.

Sebagai umat muslim yang baik,kita harus selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah. Kita harus menjalankan perintah dan menjauhi larangan,seperti yang tertulis dalam Al Qur'an dan Hadist. Ada banyak sekali hadist hadist yang di riwayatkan oleh ahli ahli hadist. Di bawah ini ada beberapa cuplikan hadist hadist pendek,silahkan di baca atau di download. Semoga saja bisa menambah pengetahuan kita dan menambah tebal keimanan kita. Karena kita semua tahu keimanan seseorang selalu naik turun pada setiap waktu atau setiap harinya. Oleh karena itu kita harus berupaya untuk menjaga keimanan kita,salah satunya adalah dengan membaca atau mempelajari hadist hadist nabi dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.

Berikut beberapa hadist nabi:


1.Hadist riwayat Al-Haakim tentang aurat.
Sesungguhnya kita dilarang menampakkan aurat kita.
Aurat adalah bagian tubuh manusia yang wajib ditutupi dari pandangan orang lain dengan pakaian. Dalam Islam, aurat bagi wanita adalah seluruh tubuhnya, kecuali muka dan kedua telapak tangan. Sedangkan untuk pria adalah antara pusar hingga lutut, artinya pusar dan lutut sendiri bukanlah aurat. Menampakkan aurat bagi umat islam adalah melanggar syariat dan berdosa.


2.Hadist riwayat Muslim tentang menuntut ilmu.
Menuntut lmu wajib bagi setiap muslim.
Ilmu adalah kunci untuk menyelesaikan segala persoalan, baik persoalan yang berhubungan dengan kehidupan beragama maupun persoalan yang berhubungan dengan kehidupan duniawi. Menuntut ilmu wajib dilakukan manusia untuk memperluas wawasan sehingga derajat kita pun bisa terangkat. Menuntut ilmu merupakan ibadah sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW," Menuntut ilmu diwajibkan  atas orang islam laki-laki dan perempuan."



3.Hadist riwayat Muslim tentang kebersihan.
Kebersihan itu sebagian dari iman
Agama Islam menaruh perhatian yang tinggi pada kebersihan, baik lahiriyah (fisik) maupun batiniah (psikis). Oleh karena itu, ketika seorang muslim akan melaksanakan ibadah tertentu harus terlebih dahulu membersihkan aspek lahiriyahnya dulu. Orang yang mau mengerjakan sholat misalnya, diwajibkan membersihkan diri dengan berwudhu dan bersih secara fisik dan psikis. Secara fisik badan,pakaian,dan tempat sholat harus bersih dan suci. Secara psikis atau akidah harus suci juga dari perbuatan riya dan syirik.


4.Hadist riwayat Ahmad tentang sholat.
Kita dilarang mengucapkan sesuatu dalam sholat kecuali Al Qur'an.
Kewajiban utama seorang muslim adalah mendirikan sholat. Allah memerintahkan hambanya untuk mengerjakan sholat wajib sebanyak 5 kali sehari. Mengerjakan sholat 5 waktu adalah wajib dan berdosa jika meninggalkannya. Sholat adalah tiang agama. Dan perkara yang pertama kali dihisab diakhirat nanti adalah sholat.


5.Hadist riwayat Bukhori-Muslim tentang iman.
Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka berkatalah yang baik atau diam.
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu dan mengampuni dosa-dosamu barangsiapa mentaati Allah dan Rasulnya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar." (QS. Al-Ahzab : 70-71)


6.Hadist riwayat Bukhori-Muslim tentang iman.
Tidak sempurna iman seseorang diantaramu sehingga ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.
Diriwayatkan dari Ibnu Umar, beliau berkata," Rasulullah SAW bersabda, seorang muslim itu adala saudara muslim yang lain. oleh sebab itu jangan mendzalimi dan meremehkannya, jangan pula menyakitinya. (HR.Ahmad, Bukhori dan Muslim)


7.Hadist riwayat Thabrani tentang Alah.
Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan.
Sesungguhnya Allah maha indah,baginya keindahan yang sempurna, indah DzatNya, indah AsmaNya, indah Sifat-sifatNya. Islam membolehkan berhias,memakai yang indah-indah, asalkan tanpa disertai dengan kesombongan dan kecongkakan.


8.Hadist riwayat Muslim tentang undangan.
Apabila kamu diundang pada suatu acara (jamuan) hendaklah kamu penuhi (perkenankan).
Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'Alaihiwasalam bersabda," Jika salah seorang dari kalian diundang, hendaknya ia penuhi undangan tersebuat, jika ia sedang berpuasa, maka hendaklah ia mendo'akannya, dan jika ia sedang tidak berpuasa maka hendaknya ia memakannya." 



9.Hadist riwayat Thabrani tentang marah.
Janganlah kamu suka marah maka bagimu surga.
Dari Abu Hurairah RA,ia berkata: Sesungguhnya ada seorang laki-laki berkata kepada nabi SAW," Nasehatilah saya, ya Rasulullah." Rasulullah SAW bersabda," Jangan marah." Orang itu mengulanginya beberapa kali. Nabi SAW bersabda," Jangan marah." (HR.Bukhari juz7, hal.99)


10.Hadist riwayat Ahmad dan Baihaqi tentang marah.
Orang kuat bukanlah karena menang gulat, tetapi orang kuat adalah orang yang dapat menahan diri diwaktu marah.
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. Ali 'Imran ; 133-134)


11.Hadist riwayat Al-Hakim tentang lisan.
Kesalahan anak adam yang terbanyak adalah lisannya.
Sebelum mengucapkan sesuatu,hendaklah ita berfikir dulu. Apakah perkataan tersebut perkataan yang baik,apakah nantinya akan menyakiti perasaan orang lain atau tidak. Dari Abu Musa Al-Asy'ari RA dia berkata," Wahai Rasulullah, umat islam yang bagaimanakah yang paling utama?" Baginda menjawab," Orang yang kaum muslimin selamat dari lisannya dan tangannya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)



12.Hadist riwayat Ahmad dan Ashhabus Sunnah tentang puasa.
Siapa yang berpuasa pada bulan ramadhan karena keimanan dan mengharapkan keridhoan Allah, akan diampuni dosa dosanya yang terdahulu.
Kaum quraisy dahulu biasa melakukan puasa 'Asyura dimasa jahiliyah. Kemudian Rasulillah SAw pun memerintahkan untuk berpuasa pada hari itu sampai diwajibkannya puasa ramadhan. Lantas Rasulullah SAW bersabda," Barang siapa yang ingin berpuasa pada hari itu (asyura) maka silahkan berpuasa. Dan barang siapa yang tidak ingi berpuasa silahkan berbuka." (HR.Bukhari dalam kitab As-Shiyam)


13.Hadist riwayat Baihaqi tentang Allah.
Sesungguhnya Allah mencintai seorang diantara kamu yang apabila bekerja selalu rapi.
Hendaknya kita meniatkan dalam diri kita untuk melakukan pekerjaan kita dengan rapi. Sebab dari niat yang baik bisa menjadi sumber pahala buat kita.


14.Hadist riwayat Muslim tentang salam.
Sebarkan salam diantara kamu.
Hak muslim pada muslim yang lain ada 6, lalu ada yang menanyakan, apa saja keenam hal itu? Lantas Rasulullah SAW bersabda," 1. Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam padanya. 2. Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya. 3. Apabila engkau dimintai nasehat, berilah nasehat padanya. 4. Apabila dia bersin kemudian memuji Allah (mengucapkan Alhamdulillah), doakan dia (dengan mengucapkan Yarhamukallah). 5. Apabila dia sakit, jenguklah dia. Dan 6. Apabila dia meninggal dunia iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman). (HR.Muslim no. 2162)



15.Hadist riwayat Muslim tentang saudara.
Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain.
Diriwayatkan dari Ibnu Umar RA beliau berkata," Rasulullah SAW bersabda: Seorang muslim itu adalah saudara muslim yang lain. Oleh sebab itu jangan mendzalimi dan meremehkannya dan jangan pula menyakitinya. (HR. Ahmad, Bukhori dan muslim)


16.Hadist riwayat Tirmidzi tentang saudara.
Senyum dihadapan saudaramu adalah shodaqoh.
Hadist diatas menunjukkan keutamaan tersenyum dan menampakkan muka manis dihadapan seorang muslim. Hadist ini semakna dengan hadist yang lain, Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria.



17.Hadist riwayat Tirmidzi tentang hisab.
Sesungguhnya amalan hamba yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah sholat.
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata," Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya pertama-tama perbuatan manusia yang dihisab pada hari kiamat adalah sholat wajib. Maka apabila ia telah menyempurnakannya (maka selesailah persoalannya). Tetapi apabila tidak sempurna sholatnya, dikataka (kepada malaikat), lihatlah dulu apakah dia pernah mengerjakan shalat sunah. jika ia mengerjakan sholat sunah, maka kekurangan dalam shalat wajib disempurnakan dengan shalat sunahnya. Kemudian semua amal-amal yang wajib diperlakukan seperti itu." (HR. Khamsah, dalam Nailul Autar juz 1 hal. 345)


18.Hadist riwayat Muslim tentang saudara.
Tidak akan masuk surga pemutus tali persaudaraan.
Memutus tali persaudaraan dengan sesama muslim tidak boleh dilakukan, apalagi jika ia menganggapnya bukan sebagai saudara. Hal ini sebagaimana firman Allah: innamal mu'minuna ikhwah. Artinya: sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah bersaudara.


19.Hadist tentang tetangga.
Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya.
Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa ada interaksi dengan manusia lainnya. Maka kehadiran tetangga dalam kehidupan sehari hari seorang muslim sangat dibutuhkan. Allah berfirman: Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak , karib kerabat, anak-anak yatim,orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh. (QS. An Nisa: 36)
Rasulullah SAW bersabda," Jibril senantiasa berwasiat kepadaku agar memuliakan (berbuat baik) kepada tetangga, sampai-sampai aku mengira seseorang akan menjadi ahli waris tetangganya." (HR. Al Bukhari no. 6014)


20.Hadist riwayat Tirmidzi tentang orang mukmin.
Seorang mukmin itu tidak menghina,mengumpat,dan berkata keji.
Mukmin atau muslim yang baik, tidak akan berkata keji, kotor, melaknat, dan mencela. Muslim sejati akan berbicara sopan santun, tidak menyakiti hati orang lain,dan selalu mengenakkan dalam berbicara. Rasulullah SAW bersabda," Bukanlah seorang mukmin orang yang suka mencela, orang yang gemar melaknat, orang yang suka berbuat/berkata-kata keji, dan orang yang berkata-kata kotor/jorok." (HR. Bukhori,Ahmad Al-Hakim,dan Turmudziy dari Ibnu Mas'ud).

Marilah kita senantiasa membaca dan mengamalkan hadist hadist nabi,agar kita menjadi umat yang baik dan mendapatkan syafaat kelak di hari perhitungan. Ingatlah semua bahwa semua yang kita kerjakan di dunia ini,kelak akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak. Seperti hadist  nabi yang di riwayatkan oleh Bukhori dan Muslim,dari Ibnu Umar Radiyallahuanhu bahwa dia berkata,"Aku Mendengar Rasxulullah Salallohualaihiwasalam bersabda, Seorang imam adalah pemimpin, dan dia bertanggung jawab atas rakyat yang dipimpinnya. Seorang lelaki adalah pemimpin di keluarganya, dan dia bertanggung jawab atas keluarga yang di pimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin dirumah suaminya, dan dia bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Seorang pelayan adalah pemimpin atas harta milik tuannya dan dia bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Masing masing dari kalian adalah pemimpin, dan ia bertanggung jawab atas rakyat yang dipimpinnya."

Semoga kita semua trmasuk kedalam golongan orang orang yang beriman dan kelak di hari pembalasan akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah Salallahualaihiwasalam.Selalu menjalankan perintah perintah Nya dan menjauhi larangan larangan Nya.Berikut ada satu hadist lagi tentang haji. Imam Muslim, Malik, Abu Dawud Dan Nasa'i meriwayatkan  dari Ibnu Abbas Rodiyallahuanhu bahwa Rasulullah Salallahualaihiwasalam pernah bertemu dengan seorang yang sedang menaiki  binatang tunggangan di Rauha'. Nabi bertanya, "Siapa  kalian?" Mereka menjawab, "Orang-orang muslim." Mereka balik bertanya, "Lalu siapa anda?" Beliau menjawab, "Rasulullah." Lalu seorang wanita menganggkat anaknya yang masih kecil seraya bertanya, "Apakah anak ini boleh berhaji?" Beliau menjawab, "Ya, dan kamu akan mendapatkan pahala juga."
Load disqus comments

0 komentar