GAMBAR TULISAN LAILATUL QADAR

Gambar Tulisan Lailatul Qadar-
Lailatul qadar berasal dari bahasa arab yang artinya adalah malam ketetapan.Lailatul qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan ramadhan,yang dalam Al Quran di gambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.Pada malam tersebut Al Quran diturunkan.Pada malam lailatul qadar,para malaikat yang membawa rahmat turun kebumi termasuk malaikat jibril.Ini mengindikasikan bahwa malam lailatul qadar adalah malam yang penuh keberkahan,kesejahteraan hingga terbit fajar.Oleh karena itu kita di anjurkan untuk memperbanyak ibadah dan berdo'a di malam lailatul qadar.Do'a apa yang sebaiknya kita baca di malam tersebut?Dari Aisyah RA beliau berkata,"Saya bertanya, Wahai Rasulullah, bagaimana jika saya dapat mengetahui lailatul qadar itu, apakah yang sebaiknya kita ucapkan di malam itu.: Jawab beliau, "Ucapkanlah olehmu: Allahumma innaka 'afuwwun tuhibul 'afwa fa'fu 'annii."Artinya,Ya Allah,sesungguhnya Engkau maha pengampun,Engkau suka memberi ampunan,maka ampunilah aku.

Selain hadist diatas ada beberapa hadist lain yang menerangkan tentang tanda-tanda Lailatul qadar salah satunya adalah, dari Ubay bin Ka'ab radhiyallahu'anhu ia berkata,"Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke duapuluh tuju (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya adalah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru." (HR. Muslim no. 762). Namun tanda tanda tersebut tidaklah perlu dicari cari,yang terpenting adalah memperbanyak amal ibadah. Nabi shalallahu 'alaihi wassallam pun tida mencari-cari tanda.Yang di lakukan beliau adalah memperbanyak ibadah di akhir bulan Ramadhan. Dari Aisyah radiyallahu 'anhu,ia berkata,"Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam biasa ketika memasuki sepuluh ramadhan terakhir,beliau bersungguh-sungguh dalam ibadah (dengan menunggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah." (HR. Bukhori Muslim)

Lantas bagaimana kita bisa mengetahui malam lailatul qadar? Rasulullah SAW bersabda,"Lailatulqadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak terlalu panas, dan juga tidak terlalu sejuk, pada pagi hari matahari bersinar tidak terlalu cerah dan terlihat kemerah-merahan." Nah itulah tanda tanda malam lailatul qadar yang digambarkan oleh Rasulullah.Namun begitu lailatul qadar dijadikan rahasia oleh Allah.Kita tidak akan pernah tahu kapan pastinya malam lailatul qadar itu akan datang.

Menurut Quraish shihab,kata qadar sesuai dengan penggunaannya dalam ayat ayat Al Quran dapat memiliki tiga arti yaitu:

1.Penetapan dan pengaturan
Lailatul qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.Penggunaan qadar sebagai ketetapan dapat dijumpai pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5. "Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami."

2.Kemuliaan
Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al Quran.Penggunaan qadar yang merujuk pada kemuliaan dapat dijumpai pada surat Al-An'am (6):91 yang berbicara tentang kaum musyrik." Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat."

3.Sempit
Malam tersebut adalah malam yang sempit,karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi,seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Peanggunaan qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surat Ar-Ra'd ayat 26. " Allah melapangkan rezeki yang dikehendaki dan mempersempit (bagi yang dikehendaki-Nya)."

Berikut beberapa gambar tulisan malam lailatul qadar,semoga saja bisa menambah semangat kita dalam beribadah dzikir dan berdo'a sehingga kita bisa mendapatkan malam lailatul qadar. Jangan lupa untuk mengunjungi Gambar dp bbm menyambut bulan ramadhan. Mungkin ada gambar yang sesuai dengan keinginan anda untuk di jadikan sebagai display picture akun bbm,wa,fb,dan lain sebagainya.



Do'a malam Lailatul Qadar
Ya Allah, sesungguhnya engkau maha pengampun, engkau suka memberi ampunan, maka ampunilah aku.


Tanda-tanda Lailatul Qadar
Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak terlalu panas, dan juga tidak terlalu sejuk, pada pagi hari matahari bersinar tidak terlalu cerah dan terlihat kemerah-merahan.


Do'a mamal Lailatul qadar
Allahumma innaka afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii.











"..Sesungguhnya telah kami turunkan Al Qur'an pada lailatul qadar. Tahukah kamu apakah lailatul qadar itu? Lailatul Qadar adalah lebih baik dari pada seribu bulan..."
(QS. Al-Qadr, ayat 1-2)


Rasulullah salallahu'alaihiwasalam bersabda:
Bersedialah dengan bersungguh-sungguh untuk menemui malam lailatul qadar pada malam-malam ganjil di sepuluh malam akhir bulan Ramadhan.


Dahulu kala ada sebuah cerita yang diceritakan dalam kitab sananiyah,bahwa malaikat Jibri as menuturkan seorang hamba bernama Syam un Al-Qhaazi (seorang ahli perang).Dia memerangi orang kafir selama seribu bulan.Orang-orang kafir merasa tidak mampu mengalahkannya,karena itu ada sebagian dari mereka yang menjumpai isterinya.Istri syam un kebetulan termasuk orang kafir. Mereka  berkata, hai nyonya Syam un, bila engkau dapat membunuh suamimu, maka kamipun akan memberimu hadiah harta yang amat banyak. Istri Syam un pun tergiur dengan bujukan itu, maka ia pun mencoba mengikat suaminya.Pertama dengan tali namun tidak mempan, kemudian dengan rantai besi dan itu pun juga tidak mempan.Lalu diikat dengan rambutnya (Syam un) sesuai dengan petunjuk Syam un sendiri.Akhirnya Syam un pun terikat dan di siksa oleh orang-orang kafir.

Tidak berapa lama kemudian datanglah firman Allah kepadanya: Hai Syam un hal apa sajakah yang kamu kehendaki terhadap orang-orang kafir itu, maka Aku akan melaksanakannya. Syam un berkata : Ya Tuhan hamba bermohon, berilah hamba kekuatan untuk menggerakkan tiang-tiang ini agar rumah ini roboh dan reruntuhannya menimpa mereka hingga mati. Permohonan Syam un dikabulkan sehingga ia dapat merobohkan gedung tempat ia diikat itu. Gedung pun roboh dan orang-orang kafir termasuk istrinyapun tertimpa reruntuhan bangunan dan akhirnya mati semuanya. Sehabis itu Syam un pun beribadah kepada Allah SWT selama seribu bulan dengan siangnya berpuasa dan malamnya sholat,berdzikir,beribadah dan lain sebagainya. Mendengar cerita itu para sahabat pun menangis karena mereka rindu ingin beramal seperti itu, tapi kiranya tak akan mampu. Dan karena itu mereka bertanya kepada NabiYa Rasulullah, adakah Rasul tahu pahalanya? Jawab Rasulullah : Aku tidak tahu. Maka malaikat Jibril as menyampaikan wahyu Allah SWT tentang malam lailatul qadar dan keutamaannya yang lebih baik pada dari seribu bulan sebagaimana yang dilakukan oleh Syam un.

Mendapatkan berkah Lailatul Qadar adalah harapan dari kita semua umat islam. Namun tidak semua mendapatkan keberkahan itu,karena hanya orang orang pilihan dan benar benar bersungguh sungguh menjalankan ibadah yang mendapatkannya.Maka dari itu marilah kita bersungguh sungguh dalam menjalankan ibadah,siapa tahu kita bisa mendapatkan keberkahan malam lailatul qadar.Semoga saja kita termasuk orang orang yang beruntung mendapatkan keberkahan lailatul qadar yang insya Allah turun pada malam malam ganjil di sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan,sebagai bekal untuk kehidupan di akhirat kelak.Dan supaya kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dalam
pergaulan di masyarakat. Aamiin ya rabbal alamin.
Load disqus comments

0 komentar